MEMBUAT APLIKASI FONT SEDERHANA - VISUAL STUDIO


     Hai Halo gan, Salam codingers!:D Nah, bagaimana idul adha kemarin? kurbanin perasaan ya:v haha.. Oke gan akuh disini pengen bagi ilmu yaitu how to make a Font Application Sederhana.. ahay inggrisan dikit ye:v agan bisa lihat sendiri gambaran aplikasi nya pada gambar diatas:D Yomarii langsung saja!

     Hal yang pertama adalah do'a! Kemudian hal yang paling terpenting, jangan sampai lupa install Visual Studio nya ya:D Silahkan dibuka aplikasinya terlebih dahulu.

     Silahkan anda langsung saja bikin project baru, langsung ke intinya saja ya! biar nanti bisa bales chat dari si dia:v Monggo, ini lah bahan yang perlu dibutuhkan, silahkan drag setiap atributnya dari menu Toolbox menuju ke Form yang telah disediakan.


     Atribut yang diperlukan :
1.) Button (2),
2.) Label (3),
3.) CheckBox (4),
4.) RadioButton (4), dan
5.) GrupBox(2).
     Nah, Jikalau sudah lengkap semuah muahnya anda rapihkan sesuai keinginan masing masing:D seperti contoh yang saya buat dibawah ini :



     Lanjut lagi, kemudian anda ganti setiap Text dari setiap Atribut agar jelas ya, jangan kaya alamat palsu:( mudah kok, tinggal klik salah satu atribut kemudian cari di menu Properties yang berada sebelah kanan bawah yang namanya Text, tinggal diketik nama apa yang diinginkan.. 


     Lebih indah nya seperti gambar dibawah ini:D Nah kan kalo sekarang sudah jelas apa dan siapa dia:v alah gajelas ya haha.. untuk Label3 Teks nya di kosongkan saja, ingat di kosongkan saja.. bukan di delete si Label3  nya, tapi di rubah Teks nya tanpa ada satu huruf pun yang mengganggu hubungan dia:(


     Untuk tahap yang selanjutnya anda tinggal memberikan style sesuai keinginan, mau warna apapun dan sejelek apapun itu, itu terserah kalian ya:v kalo ingin ditiru seperti ini contohnya..


     Yu sekarang saat nya coding codingan,  anda double klik pada Button1 atau lebih tepat nya Button yang Teks nya sudah di rubah menjadi "TAMPIL". setelah itu akan terbuka jendela baru yang namanya form1.vb kalo di pc saya:v




     Oh iya, sebelumnya silahkan anda ganti name Label3 menjadi "hasil", tapi kalau di ganti pun tidak masalah. Pokoknya si Teks harus jelas apa namanya, karena kalau salah satu huruf penulisan namanya saja, program tidak akan bisa berjalan.. Monggo langsung isikan kode syntax nya seperti gambar dibawah ini :


=> hasil.Text = TextBox1.Text
Mengapa bisa demikian? karena kita akan memasukan tulisan di dalam TextBox1 dan akan di tampilkan pada Label3/hasil setelah si Button1 di klik.. jika Button tidak di klik ya ga bakal muncul lah:v

     Lanjut lagi, sekarang bagian si Button2 atau yang sudah diganti Teks nya menjadi "HAPUS", silahkan di klik dua kali. lalu masukan syntax si Button2..


=> End
Kenapa End? ya udah pasti karna itu adalah Button untuk menutup programnya:v asal jangan hubungan aku dan dia aja yang End:( haha maaf, hiburan dikit..

Tinggal dikit lagi beres kok, lanjut lagi.. kemudian bagian si RadioButton yang di klik dua kali, dari mulai si Merah sampai Biru ya, pasti ngerti lah hehe.. langsung ikutin syntax nya juga semuah muahnya:v



=> hasil.ForeColor = Color.Red/Yellow/Green/Blue
Syntax diatas menjelaskan bahwa, Label3/hasil akan berubah warnanya menjadi warna merah, kuning, hijau, ataupun biru jika salah satu dari RadioButton nya di klik:)

     Lanjut lagi bagian akhir, sekarang tinggal si CheckBox yang belum di kasih sytax
.. loh kenapa GrupBox tidak diberi codingan? karna fungsi si GrupBox adalah menampung atribut, sudah dimengerti dari namanya saja:D jadi hanya seperti sebuah pajangan:v Langsung saja ikuti syntax nya dibawah ini..



=> hasil.Font = New Font("Arial" hasil.Font.Size,
hasil,Font.Syle Xor FontStyle.Bold/Italic/Strikeout/Underline
Nah kalo yang satu ini sudah pasti permasalahan nya dengan jenis font, si Label3/hasil akan di rubah jenis font nya jika CheckBox nya di klik..

     Kurang lebih seperti itulah cara membuatnya:) Gampang kan?:v Yomarii kita coba jalankan Aplikasinya.. bisa langsung klik Start Debugging atau menekan F5


Lalu ketik Teks yang diinginkan dan tuliskan di TextBox


Klik "TAMPIL", lalu akan muncul lah Teks secara gaib:v karna sebelumnya, Teks Label3/hasil telah sudah dihapuskan, dan ketika dia dipanggil.. dia akan datang^_^



Taraaa jadilah aplikasinya, Mungkin sekian ilmu yang sederhana dari saya.. semoga mudah dimengerti dipahami dan di resapi:v jika ada yang kurang dipahami atau apalah itu silahkan cantumkan di kolom komentar^_^ Oke good job kawanku! salam codingers!:D

Note:Hargaipenulis, yang copas saya harap eta terangkanlah ke depannya:v











Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar